“Ginger lemon tea with love”

(Feb 11, 2011; 19:10 wib)

(bukan sekedar racikan minuman hangat)

Kita semua menyukai minuman the. Baik itu dalam bentuk minuman dingin dalam kemasan botolan, dibuat mendadak dengan tambahan es batu, disajikan hangat dengan campuran jahe,lemon plus beberapa sendok gula, atau sekedar essence dalam pudding dan cake. Kadang minuman the juga ditambahkan sedikit susu supaya rasanya lebih nikmat pekat memikat lidah.

Suatu sore yang indah, Beth berkreasi dengan sebuah racikan minuman hangat yang ia sajikan untuk suaminya. Biasanya Beth membuat minuman lemon tea plus gula secukupnya jika di dapurnya tersedia beberapa buah jeruk lemon. Kala itu Beth bereksperimen dengan menambahkan jahe pada minuman itu. “Mungkin akan terasa lebih nikmat ya kalau ditambahkan jahe, lemon tea ini,”gumamnya. Setelah dia membuat dua mug “ginger lemon tea” hangat untuknya dan suaminya, dia cicipi sesendok kecil…rasanya unik. Komentar suaminya pun begitu. Walau ada rasa pahit dari jahe diawal sruputan, tetapi ada efek hangat yang terasa saat mengalir melalui tenggorokan. Diselingi rasa asam dari jeruk lemon berbaur dengan rasa manis dari gula. Suaminya menyukai minuman ini karena setiap kali dia melihat ada lemon di dapur Beth, dia bilang, “Beth sayang, itu apa sih yang berwarna cerah?,” sambil member senyum jahil pada Beth. Beth pun mengerti apa maunya dan Beth menyegerakan membuatkan ginger lemon tea untuk laki-laki yang sangat dia kagumi.

Beth pikir, ginger lemon tea ini bukan sekedar minuman biasa karena dia membuatnya dengan penuh rasa cinta dan sayang pada siapa yang meminumnya. Mungkin Beth membuatnya disertai dengan magic words inside her heart. Yang membuat minuman ini berasa unik adalah rasa-rasa yang muncul dari ginger (pahit dan hangat), lemon (asam dan segar), tea (warna pekat coklat terkadang transparan).

Rasa pahit dari ginger (jahe) mewakili rasa dimana kita menjejakkan kaki di awal perjuangan kehidupan pernikahan, belajar berumahtangga. Dari hari ke hari yang kita jalani rasanya tidak selalu manis seperti gula yang kadang kita ingin semaunya menambahkannya ke dalam minuman kita supaya terasa lebih manis. Pahit itu yang membuatnya menjadi penyeimbang dalam kehidupan agar kita tidak menjadi lupa diri dengan hal-hal manis. Jahe memberikan efek hangat pada orang yang meminumnya dan berkhasiat bagi kesehatan jika diminum secara berkala.  Begitu pula dengan cinta, member kehangatan bagi orang yang merasakannya.

Kala kita sedang penat, hadir seseorang yang begitu memikat, maka akan reda penat itu. Kala kita bersikap dingin dan kaku, dia akan membuat kita meleleh dan mulai menjadi hangat hingga ke hati kita. Kala kita butuh peluk, dia akan datang memeluk kita hingga jiwa raga kita menghangat. Kala bibir kelu, dia akan membuat bibirmu komat-kamit bagai kicauan burung yang memikat hati.

Cinta memberi kehangatan saat kita butuhkan

Dia membuat kita nyaman saat diri kita menginginkan dan diinginkan

Efek hangatnya akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh

Terapi bagi hati yang darahnya membeku dan jiwanya kosong

Rasa asam dari jeruk lemon, memberi kesegaran dengan warna kuning yang menceriakan, seolah mewakili rasa bahagia. Cinta hadir dalam kehidupan untuk mewarnai hati kita dengan keceriaan hingga dapat membuat kita lebih semangat dan optimis dalam menjalani hari serta hal-hal yang ada di depan kita. Cinta juga membuat diri kita lebih segar dari biasanya, seperti rasa asam yang ada di jeruk lemon. Pribadi yang tadinya pemurung akan menjadi lebih terbuka pada orang lain terhadap apa-apa yang dia alami. Seseorang mahal senyum pun akan berangsur menjadi seorang yang periang dan murah senyum pada siapapun.

Rasa asam memang terasa menggigit lidah tetapi itulah hidup. Kadang kita merasa bahagia sekarang, di hari lain  yang kita hadapi terasa amat kecut hingga membuat wajah cemberut.

Warna coklat itu berarti keramahan seperti warna teh yang kadang coklat pekat jika kita ingin membuatnya lebih kental atau transparan jika takaran tehnya tidak terlalu banyak. Teh memiliki wangi dan rasa yang khas. Begitu pula dengan pribadi yang ramah, kadang mereka terlihat langsung akrab dan bisa dekat dengan orang yang baru dikenalnya. Memandang sebuah masalah menurut kacamatanya dengan transparan tanpa mengikuti egonya dan tak terpengaruh oleh orang lain.

Rasa-rasa cinta itu dinamis dan unik. Kadang rasanya seperti coklat dengan fruit cashew nut, kopi  hitam pekat, ginger lemon tea yang dibuat Beth, atau rasa yang campur aduk tak karuan tapi nikmat…

Bagi Beth, “ginger lemon tea” mewakili rasa cinta yang dia rasakan saat-saat bersama suaminya.

“ginger lemon tea” menghangatkan dan menyegarkan tubuh di kala dingin.

Cinta Beth pada suaminya, juga sebaliknya, diibaratkan satu mug minuman yang berkhasiat baik bagi keduanya untuk kelangsungan kehidupan cinta mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s