“Pelangi tanpa hujan”

(terjemahan dari ‘rainbow without raining’)

Pelangi biasanya muncul setelah hujan. Hal ini akan selalu menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat, khususnya saat kita merasakan kekosongan atau murung, bahkan saat kita senang. Pelangi adalah salah satu kebesaran Tuhan. Pelangi memiliki warna-warna indah yang membuat kita takjub melihatnya.  Menurut pemikiran saya, tak perlu hujan untuk melihat pelangi. Warna – warni pelangi akan muncul, saat kita membutuhkannya. Hujan adalah hanya suatu hal yang amat penting yang dapat membuat pelangi sempurna. Seperti saat kita sedang merasa sangat sedih, maka akan ada hal – hal yang membuat kita terhibur.

Dari 7 (tujuh) warna pelangi yang kita lihat, kita dapat mengetahui maknanya. Pertama, warna MERAH; warna ini melambangkan keberanian dan gairah hidup juga percaya diri. Kita akan memperoleh hal – hal yang demikian positif dari teman yang memiliki karakter warna merah. Saat semangat kita menurun, kita akan memerlukan saran darinya untuk meningkatkan semangat kita lagi.

Kedua, warna JINGGA; tipe orang seperti ini dapat membuat kita terhipnotis oleh pesonanya. Mereka selalu ceria, berani, kreatif dan tidak mudah dipengaruhi orang lain. Ketika kita sedang bimbang, kita harus mengenal orang seperti ini dan berada dekat – dekat dengannya supaya kita mendapatkan energi positif darinya. Saya memperoleh energi ini dari teman – teman baru.

Ketiga, KUNING; warna ini selalu menebarkan kecemerlangan, kreativitas dan sosialis (bergaul). Saya selalu kagum dengan sosok seperti ini, apalagi kalau dia memiliki pemikiran yang matang. Mereka yang berada di dekatnya akan membuat suasana hati kita tenang. Kala kita sedang buntu, merasa tak ada jalan keluar dari sebuah masalah, kita memerlukan dirinya. Kita akan merindukannya dalam suasana apapun karena dia selalu memberi jalan pemikiran yang terang.

Keempat, HIJAU; saya tidak terlalu banyak mengenal sosok ini. Mungkin orang seperti ini penuh kedamaian bagai rumput hijau dan seseorang tempat kita bersandar. Saat kita merasa lelah dan capek akan suatu hal yang telah kita lalui, orang ini akan mengurangi kelelahan kita. Hanya dengan menceritakan apa yang membuat kita lelah, dia akan menampung segalanya diiringi dengan senyuman sejuknya. Seorang ibu adalah tempat untuk bersandar dan seorang sahabat juga demikian.

Kelima, BIRU; seperti warna lautan, dia menenangkan, menyejukkan dan menghibur di saat bersamaan, juga berjiwa besar. Kita memerlukannya saat kita merasakan kesedihan dan kekesalan dalam melalui hari. Adik kakak dan sepupu seperti warna biru laut. Mereka tak membuatku bersedih, mereka membuatku bahagia. Membuat tawa canda di sekelilingku dan hatiku cerah.

Keenam dan terakhir, NILA dan UNGU; ini adalah tipe orang misterius yang memiliki kekuatan tersembunyi untuk membuktikan kemampuannya. Dia memiliki dedikasi tinggi, kepedulian sosial dan jiwa kepemimpinan yang kuat. Semua nenek saya memiliki karakter itu, yang sangat menginspirasi saya. Saya telah mengenal beberapa orang teman yang memiliki warna jiwa ini, mereka pejuang tangguh dalam menghadapi kehidupannya dan guru – guru sayapun demikian. Meskipun terdapat gradasi warna diantara tujuh warna – warni pelangi, tetapi setiap warna mewakili karakter seseorang. Teman-teman baru, sahabat, saudara, orangtua, orang asing, semuanya mewarnai hati kita, menjadi pelangi di hati kita.  Tak peduli dengan gradasi warna yang kuat atau tidak, tak ada perbedaan diantaranya… keunikan warna – warni itulah yang ada. Suasana hati berubah dengan dinamis, juga warna – warni hati kita.

Tak perlu menunggu hujan atau pergantian sinar matahari untuk bertemu pelangi,

Dia akan selalu ada, di dalam hati kita

Pelangi membuat hidupmu penuh warna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s