Pelatihan menulis Indscript Creative Writing Club 3

Saya telah dipertemukan dengan sebuah wadah yang cukup mendorong semangat saya dalam menulis. Sebelumnya, kegiatan menulis hanya saya lakukan seadanya, dan mengalir mengikuti perasaan saja, hingga hasil tulisan saya yang berupa narasi bebas, cerpen dan banyak puisi, cukup tersimpan baik di dalam catatan dan laptop saya.

Saya berpikir, semua itu tadinya hanya akan menjadi kenangan atau dokumentasi saja yang akan saya wariskan pada anak perempuan saya, tanpa dipublikasikan. Sampai pada hari saya tergabung di grup Ibu-ibu Doyan Nulis pimpinan ibu Indari Mastuti di facebook, saya semakin merasa menemukan harapan akan kreativitas yang hadir di setiap guratan tulisan-tulisan saya. Ternyata banyak ibu yang memiliki kesenangan yang sama seperti saya. Ternyata menulis bukan  hanya milik mereka yang masih belia atau seorang profesor. Bergabung di Indscript Creative Writing Club (ICWC), saya semakin mengetahui bahwa kegiatan menulis bisa dilakukan oleh siapapun. Banyak hal yang akhirnya saya dapat di sana, menyangkut berbagai hal mengenai dunia penerbitan. Pelatihan ini dikemas secara on line maupun off line. Kedua kemasan ini sama-sama memberikan pengetahuan dan pembelajaran terhadap kegiatan menulis.

Telah banyak lahir penulis-penulis baru dari ICWC, dan mereka telah menelurkan buku-buku hasil karya mereka. Pelatihan menulis ini telah berjalan hingga angkatan ke-3. Saya merasakan lebih banyak suka daripada duka, kala bertemu muka dengan 9 orang teman-teman baru di ICWC 3 ini yang hampir semuanya ibu-ibu. Bertukar ilmu dan pengalaman, menggali segala ide hingga menjadikannya sebuah buku, semua itu merupakan hal yang sangat menyenangkan dan menggugah pikiran.

Kegiatan menulis yang tadinya hanya untuk mengisi waktu luang saja ternyata dapat dijadikan sebuah profesi yang menyenangkan dan berpenghasilan lumayan. Dari ICWC saya mengetahui bagaimana sistem pembayaran royalti dan sistem beli putus bisa menjadi pilihan penghasilan rutin dari sebuah industri buku. ICWC memberi semangat pada setiap peserta pelatihan untuk banyak belajar dan kreatif dengan tulisannya. Keuntungan yang sangat signifikan bagi peserta ICWC adalah mendapatkan prioritas dalam pengajuan outline atau konsep buku yang akan para peserta buat. Hal yang paling utama yang saya rasakan adalah belajar untuk tidak mudah menyerah dengan ide-ide yang kita tuangkan. Tetap menulis dan menulis demi sebuah pembelajaran yang dapat menjadi sebuah investasi menuju terwujudnya sebuah buku.

Semangat menulis teman-teman! Mari kreatif dengan ide-ide sesederhana apapun dan bergabunglah di Indscript Creative Writing Club 4!

Leave a Reply

