“Rasa kadaluarsa”

“Hmmm…kok rasa jus mangga kayak sirsak sih?” aku sruput jus aneh itu sambil kulihat tanggal kadaluarsa di kemasan botol jusnya.

Berhubung jusnya tinggal seperempat isi botol, kupikir tak apalah…toh hanya lewat 3 hari dari tanggal kadaluarsa.

 

Sebulan kemudian, aku membeli minuman dingin. Pilihanku tetap jatuh pada jus mangga lagi, merk jus kemasan botol yang sama. Rasa yang sama aku rasakan dari jus itu, asem-asem seperti rasa sirsak. Tapi tanggalnya belum kadaluarsa.

 

Kupikir lagi, rasa sirsak itu tetap akan melekat di merk jus yang selalu kubeli, tak terhitung kadaluarsa. Mungkin mirip dengan rasa sayang di hati kita. Rasa itu tak kan pernah kadaluarsa. Walau kita pernah mengatakan sesuatu, “aku udah nggak sayang lagi sama dia!”, rasa itu akan tetap tersisa tanpa kadaluarsa.

Ruang hati kita begitu luas dan cukup nyaman untuk menyimpan rasa sayang sedemikian banyak untuk orang-orang yang kita sayangi. Bisa jadi ruangan itu mirip kulkas. Dia dapat menyimpan banyak makanan bahkan mengawetkannya, walau untuk beberapa jenis sayuran dan buah akan lekas layu. Beberapa jenis perasaan di ruang hati kitapun ‘kan layu dan beku.

 

Ruang hati kita memiliki temperatur yang secara otomatis mengatur agar rasa-rasa didalamnya menjadi akur. Rasa cinta akan pudar dan berubah menjadi sayang seiring masa berjalan hingga siang menelan bulan. Rasa sayang tak kan pudar, tak ada kadaluarsa. Kalaupun tak muncul lagi di hari-hari lain, rasa itu diam dan beku tapi hati tak kan pernah kaku.

Rasa jus mangga yang seperti rasa sirsak, tak membuatku sakit perut. Rasa-rasa di hati kita yang terkadang berubah tak kan membuat hati kita rusak. Ruangan hati kita menjadi kaya rasa dan peka merasa.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s