Daun salam dan daun jeruk

Si daun ini selalu termakan oleh saya saat saya mencicipi sayur beserta sepiring nasi. Entah mengapa, ini seringkali terjadi. Ini mitos atau hukum alam? Katanya, daun atau bongkahan rempah yang dipakai untuk masakan akan terambil oleh orang yang memasaknya.

Ya, itu benar-benar terbukti!

Ada satu pemikiran, oh ya… jika kita menyampaikan suatu hal pada orang lain maka hal itu akan berbalik pada kita.

Jika hal itu baik maka hal baik itu menuju pada diri kita sendiri, jika itu buruk maka hal buruk akan terjadi pada kita.

Saya sekarang lebih suka memakai daun jeruk daripada daun salam untuk menambah aroma pada masakan berkuah. Daun jeruk itu tiba-tiba ada dalam kunyahan saya entah di suapan ke berapa. Rasanya lumayan mengejutkan, jeruk yang segar dan rasa unik karena bercampur dengan kuah berbumbu juga air liur.

Perbuatan apapun yang kita suka, tiba-tiba akan kita rasakan dampaknya dalam raga dan jiwa ini. Rasa uniknya akan membuat diri kita bertambah pelik jika kita terlalu memandangnya sebagai satu hal yang penuh kritik, sebaliknya kadang rasa unik ini akan membuat kita merasa lebih nyaman daripada sebelumnya.

Mungkin saya akan kembali menggunakan daun salam tapi saya harus berhati-hati jika daun itu terlihat di sendok, sepertinya akan sedikit pahit dalam kunyahan walau baunya harum.

Wahai daun jeruk, betahlah temani hari-hari saya… karena kadang kala saya butuh sesuatu yang selalu membuat saya terkejut dan mempengaruhi ritme denyut dari rasamu itu. Entah apakah ada khasiat tertentu darimu hingga saya jatuh hati pada aroma dan rasa unikmu.

2 thoughts on “Daun salam dan daun jeruk

Leave a Reply

