#3 Sushi&Wasabi

Pertama kali dalam seumur hidup, saya mencicipi makanan Jepang bernama Sushi. Terimakasih kepada seorang teman yang baik dan cantik telah mengajak saya ke restoran Jepang. Walau awalnya sempat ragu untuk menerima ajakannya, akhirnya saya pergi juga ke tempat yang dimaksud. Saya pikir, ini kesempatan langka, karena teman saya ini beberapa hari lagi akan kembali ke Amerika.

Setelah masuk ke restoran itu, sambil menunggu si teman, saya melihat-lihat menu yang ada di list. Hmm… aneh-aneh tampilannya menurutku. Jangan-jangan aneh juga rasanya. Lima belas menit sudah menunggu, sementara si pelayan menanyakan mau pesan apa. Akhirnya, saya memesan jus strawberry terlebih dahulu, itu pilihan yang aman.
Si teman muncul dengan tampilan menawan dan senyumnya mengembang, dia menyalami saya. Cantik banget nih orang, gumamku. Cukup beruntung bisa berteman dengannya, minimal ketularan cantik dan gaya gitu,heheh… Ditambah lagi, dia menularkan rasa sebuah makanan Jepang, Sushi.

Dia bilang,”Tenang aja… ini enak kok”
“Ya udah, kamu yang pilih deh… aku kan belum tahu, yang mana yang enak dan yang cocok rasanya di lidahku” sambungku.

Setelah melihat-lihat dan menimbang-nimbang mau pesan apa, dia memutuskan memesan sepiring Sushi dengan 12 macam rasa. Diantaranya ada belut, udang, tuna, smoked salmon, cumi.
Saya menelan ludah dan berdo’a semoga cocok di lidah saya.
Ngobrol-ngobrol singkat, diselingi perbincangan singkat dia dengan kekasihnya di handphone, kemudian pesanan kami terhidang di meja.
Ow…my God, sepiring Sushi menunggu kami.
“Wasabi ini ke piring kecil yang ini masukin sesendok” kata teman saya.
‘Wasabi tuh apaan?” tanyaku ragu.
“Ini sambalnya Sushi” jawab temanku singkat.
“Tapi harus pake kecap asin yang ini” katanya lagi sambil menunjukkan sebotol cairan mirip kecap di meja.
Saya perhatikan, kecap itu mirip kuah pempek sih… tapi rasanya pasti beda.
Tanpa ambil sesendok kecil penuh Wasabi, lalu diwadahi ke mangkuk kecil yang tersedia di meja.

Saya pikir, “Wah…sambal nih, sedap nih kayaknya. Saya suka pedas”
Si kuah kecap asin juga saya tuangkan ke mangkuk yang sama, lalu si teman menyarankan untuk mengaduknya dengan sumpit yang ada di samping mangkuk.
“Ayo coba yang ini” teman mengajakku pada sebuah petualangan baru makanan Jepang.
“Ini apa nih?” saya menunjuk pada Sushi yang ada ikan merah, mentah di atasnya.
“Itu Salmon. Ambil aja, terus celupin dulu ke kuah yang tadi” temanku memandu tanpa ragu.

Saya ambil satu sushi yang dia maksud, dicelup ke kuah wasabi tadi, dan hap!

Kok baunya gini ya? gumamku sambil perlahan meneruskan kunyahan.

“Gimana? enak?” tanya teman saya.

“Hmm… sebentar, aku belum bisa bilang enak” jawabku sambil terus mengunyah, merasa aneh dengan rasa yang menyengat lidah.

“Agak aneh neng, rasanya” kataku lagi padanya.

“Kebanyakan kali wasabinya” tebakan temanku tepat.

“Tambahin kecapnya” saran dia.

“Oke, aku tambahin” saya menurut.

“Sekarang yang ini, smoked salmon” saya disuruh mencoba lagi yang lain.

Saya ambil dengan sumpit, dan celup ke kuahnya. “Hmm…yang ini lumayan enak, karena ikannya agak matang” saya merasa sedang berwisata kuliner.

Ada yang menarik perhatian saya, sushi dengan bulatan-bulatan warna orange di sekelilingnya. Ternyata setelah dicoba, memang sangat aneh rasanya. Bulatan lain yang aneh juga saya cicipi, mirip telur sebesar bulatan baso kecil.

Makanan masih tersisa banyak, saya hanya mampu melahap enam buah sushi, itu sudah cukup membuat kenyang. Saya terselamatkan oleh keripik kulit ikan dan jus strawberry.

Terimakasih untuk satu kesempatan langka ini, semoga saya bisa beradaptasi lagi dengan wasabi.

Don’t forget to say, “Moshi moshi!”

2 thoughts on “#3 Sushi&Wasabi

Leave a Reply

