#4 Say what you need to say

Kita seringkali berbicara hal-hal tidak penting atau kurang bermanfaat di sela-sela obrolan bersama teman.Kita akan tersadar setelah kita melontarkan kata-kata tersebut, atau ada orang lain yang menegur dan mengingatkan kita walau dengan nada canda. Saya sedang belajar bagaimana cara bergurau dengan bijak dan berkata dengan tepat. Namanya juga manusia, tak luput dari kesalahan. Seorang penulis handal pun akan dibantu editor untuk mengoreksi setiap kalimat yang ada dalam naskah hasil tulisannya.

Teringat satu pemindaian Grafologi yang pernah saya ketahui dari seorang bunda, saya menuliskan huruf G kecil dengan ekor panjang yang runcing di ujungnya. Juga dengan huruf Y dan J kecil. Ini cerminan perkataan saya ternyata. Ada kalanya saya akan berkata begitu ‘menusuk’ pada perasaan seseorang tetapi saya menganggapnya tidak demikian. Saya berkata apa adanya, natural saja. Memang tak salah berkata jujur, apa yang mau dikatakan ya katakan saja saat itu. Tetapi ada saatnya kita harus belajar “mengerem” dan memikirkan sejenak terlebih dahulu rangkaian kata yang akan kita sampaikan pada lawan bicara. Tanpa memakan waktu lama akan ada satu radar dalam otak dan hati kita untuk mengurungkan beberapa penggalan kata agar tak samapi terucap dengan beberapa pertimbangan. Bagi seseorang yang ceplas ceplos mungkin hal ini akan terasa menyiksa. Bagi saya, hal ini harus menjadi satu hal yang dibiasakan.

Berlaku untuk semua hal yang berhubungan dengan dunia komunikasi, baik itu di jejaring sosial ataupun sms. Pikirkan dahulu sebelum berkata, rasakan dulu sebelum menjadi sebuah makna. Katakan saja hal-hal yang perlu dikatakan, komentar saja apa yang perlu dikomentar dengan bijak, up-date saja status yang membuat satu perubahan bagi diri kita.

Just say what you need to say…

Leave a Reply

