#11 Spons hati

Apakah kamu sadar bahwa salah satu organ dalam tubuh kita adalah spons? Aku baru menyadarinya, hati ini seperti spons yang kerap kali mampu menyerap apa yang mendekatinya bahkan sesuatu yang jauh. Daya serapnya terkadang tinggi, tetapi saat lain dia tidak mampu menyerap apapun karena jenuh. Dia teremas oleh keadaan. Basah karena lelah dan resah. Menjadi kering dan agak keras setelah lama tak terjamah oleh seseorang. Kaku.

Kala tersentuh, disentuh dan didekatkan pada air, hujan, atau apapun yang bersifat cair, dengan serta merta dia cepat menyerap karena dia rindu akan tugasnya. Dia tahu bahwa fungsinya adalah menjadikan ruang sekelilingnya terhindar dari becek dan tumpahan rasa. Dia membiarkannya merasuk melalui pori-pori yang sangat sensitif.

Kala tak tersentuh, dia kering tak bergeming. Tak tahu gunanya apa. Tak mengerti apa arti sebuah rasa. Setiap kali sensornya terganggu, dia akan mengerut. Kusut.

Gunakan spons hatimu dengan perasaan yang tulus. Dia akan berbentuk merah hati sempurna walau basah, kering, atau masih terbungkus.

One thought on “#11 Spons hati

  1. Memang hati ini bagai spons tapi kalau kita bisa menjaga sensornya apapun cairan yang diserapnya akan dianalisa sehingga terurai yang berguna untuk membentuk merah hati yang sempurna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s