#17 Black Coffee

Hitamnya pekat, terlalu asam dan tajam untuk lidah saya. Mungkin karena kopi instan. Ya…hal yang dibuat singkat itu memang terkadang terkesan tak enak dirasakan. Namun bergantung pada unsur-unsur yang mengikutinya.
Kopi hitam memang pahit, sebungkus gula putih belum mampu membuatnya lebih manis. Jika tak punya lagi gula tambahan, ya sudahlah…nikmati saja setiap regukan tak nyaman di pangkal lidah dan tenggorokan ini. Asam yang hadir sesaat setelah bereaksi dengan air liurku akan hilang dengan sendirinya ketika aku lupa.
Bagai mereguk pengalaman pahit, menyisakan rasa dalam jiwa yang sedang sakit.

Saya tak biasa meminum kopi hitam, hanya gara-gara gratisan, saya ingin mencoba. Pikiran dan perasaan saya melayang ke masa kecil. Teringat segelas besar kopi panas nan wangi milik Bapa saya. Kopi hitam yang manis dan nikmat. Berbeda dengan kopi instan gratisan itu.
Seperti proses yang harus kita jalani untuk sebuah tujuan. Kita tidak bisa begitu saja mencapai tujuan itu dengan cepat. Kalaupun ada jalan singkat, hasilnya tak kan nikmat. Harus ada proses mengolah, mengaduk, menyiapkan air mendidih, lalu kemudian ada takaran yang harus seimbang supaya mendapatkan segelas kopi hitam yang sempurna. Walau kopi itu perlahan akan dingin dan belum juga habis hingga sore, tetapi dia tetap memiliki karakter rasa manis di regukan terakhir.

Ya… jika arah tujuan kita perlahan mendingin dan seolah waktu melambat, semangat mengendur, segeralah tersadar bahwa akan ada hal manis di garis akhir pencapaian tujuan.

Setengah mug kopi hitam setiap dua hari sekali mungkin akan membantu kita untuk meraih sebuah keyakinan di hari kemudian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s