#20 Sosialize

Be social or you’ll never know others!

Statement ini saya tujukan untuk diri saya sendiri. Saya sedang belajar memahami orang lain bahkan mengasah rasa dengan berempati pada orang lain. Saya pikir tanpa ada orang yang menyuruh pun saya akan bersosialisasi dan mengeksplorasi perasaan-perasaan yang timbul saat berinteraksi dengan sesama manusia. Bukan hanya eksis di jejaring sosial tetapi kegiatan off line juga harus menjadi penyeimbang hidup saya. Saya merasa semakin tidak ingin diperbudak oleh dunia maya, namun kebutuhan itu tetap akan ada mengingat akan pentingnya beberapa informasi yang hadir dari sana.

Entah apakah kegiatan bersosial yang saya lakukan itu memang turunan/titisan dari almarhum bapa saya atau memang pada hakikatnya manusia itu memang makhluk sosial. Saya merasa setelah menjadi ibu, saya semakin banyak melakukan kontak person to person. Tidak seperti saat lajang, bahkan terkadang saya dulu tiba-tiba merasa seperti antisosial, dan itu memang kemauan saya atas beberapa alasan pribadi. Saya merasa beruntung, perubahan ini, dari anti-sosial menjadi seseorang yang sedang bersosial, adalah anugrah. Semua orang bermetamorfosis seiring waktu yang ia tempuh dan ia mengerti.

Saya menjadi ingin seperti beliau (alm.bapa). Pribadi yang sempat berkecimpung di sebuah lembaga sosial, di lingkungan tempat tinggal pun beliau bersosialisasi dengan banyak tokoh masyarakat, juga di lingkungan kerjanya.
Rasa sosial yang tinggi akan membentuk sebuah kepribadian yang luwes, bukan untuk mengharapkan pujian orang lain. Keluwesan hati ini hanya untuk diri kita sendiri bukan orang lain. Kesadaran berempati adalah “tabungan” untuk diri kita pribadi. Kegiatan berbagi adalah sebuah kesempatan yang tak kan membuatmu merugi.

Leave a Reply

