White T-shirt

Pernahkah terpikir dalam benakmu bahwa hati dan pikiran kita mirip baju kaos putih?

Saya sejujurnya kurang menyukai baju putih karena perlu perhatian ekstra untuk mencucinya. Jaket corduroy putih tulang yang saya miliki sekarang juga tak luput dari noda membandel. Walau nodanya sedikit, namun selalu agak risih menyadari keberadaannya. Begitupun dengan baju kaos putih, saya selalu tidak sukses berurusan dengan warna putih. Entah karena air yang dipakai untuk membilas baju kaos itu kurang jernih atau saya kurang keras berusaha membersihkannya.

Pikiran dan hati ini juga perlu diperlakukan ekstra seperti kita memelihara baju kaos putih agar tetap cerah terjaga putihnya. Terkadang pikiran kita dipenuhi hal-hal abstrak nan indah bagai desain kaos yang full colour, atau hati ini yang terkadang dikotori oleh niat-niat yang tadinya tulus menjadi ada “maksud tertentu”. Jika ingin pikiran dan hati kita tetap cerah terjaga, maka latihan perawatannya memang harus intens dan sungguh-sungguh. Mungkin pada awalnya sulit untuk menghilangkan ‘noda membandel’ di pikiran dan hati ini, namun tidak perlu kita tergesa mengambil pemutih untuk hasil terbaik.

Saat ada orang terdekat yang mengeluh baju kaos putih milik saya terlihat kusam, saya terheran karena saya merasa kusaha untuk membersihkannya sudah maksimal. Jika orang itu bernada ketus dan menganggap saya tak becus merawat si putih, saya tersinggung. Saya pikir, saya sudah melakukan tugas saya dengan baik. Tetapi belum cukup demikian baik bagi orang itu.

Saya perhatikan kembali dari setiap kaos putih yang ada di tumpukan baju saya. Ya…saya belum merawatnya dengan baik. Tak sebaik apa yang dia lakukan. Namun saya tak akan pernah menyuruh dia mengerjakan tugas itu. Saya akan berusaha memperlakukan pikiran dan hati saya seperti saya memperlakukan baju kaos putih itu.

Sampai pada satu saat saya akan terlihat sexy di matanya ketika memakai kaos putih dengan desain apapun yang tertera di sana. Dia pun akan perlahan menyadari bahwa saya bisa memutihkan pikiran dan hati ini dengan cara saya.

I miss my white sexy t-shirt…

Leave a Reply

