Si Laptop pergi ke pasar

Pernah melihat seorang ibu bawa laptop ke pasar? Itu saya.
Ini bukan ajang untuk bergaya atau pamer, namun karena mobilitas saya ke arah pasar kemudian baru mengajar, jadi saya bawa serta si Laptop.

Saat masuk gerbang pasar, tiba-tiba terpikir bahwa antara pasar dan laptop memiliki nilai yang sama. Saya melihat dari satu sisi saja yaitu komunikasi. Di pasar, orang-orang berinteraksi jual-beli dengan berbahasa, ada tawar menawar, relasi bertambah, juga banyak canda yang transparan antar sesama penjual. Para pembeli pun terkadang saling menyapa tanpa mengenal sebelumnya karena hal yang mereka perbincangkan, terutama harga-harga barang.

Demikian juga hal kita temukan dari si Laptop. Kini, Laptop sudah menjadi satu wadah komunikasi penting, selain hanya untuk mempermudah pekerjaan kantor. Jejaring sosial dan penjelajahan dunia mampu didapat dari media elektronik ini. Darinya kita bisa berkenalan dengan banyak orang, bertemu teman lama, tawar menawar harga jika teman kita berjualan di sana, atau sekedar menjadi teman baru tak pernah menyapa.

Laptop adalah barang yang paling berharga bagi saya. Di dalamnya, banyak konsep dan bahan hasil dari olahan pikiran dan perasaan kita. Jika file-file itu hilang atau rusak terkena virus, sementara back-up file tidak kita miliki, sungguh menyedihkan. Saya merasa sedikit hancur dalam penyesalan.

Barang dagangan di pasar juga merupakan barang berharga bagi si empunya. Jika terjadi kebakaran atau kecurian, si pedagang akan merugi dan memulai segalanya dari awal. Semua yang musnah menjadi suatu pembelajaran bahwa terkadang barang berharga itu membuat kita bangga, survive, bahkan sebaliknya.

Antara laptop dan pasar, tetap akan menjadi dua hal berharga bagi saya, karena ide-ide tulisan pernah muncul ketika saya berdesakan di dalam pasar. Terimakasih atas kesempatan menginjakkan kaki di pasar walau kebanyakan orang berpikir hal itu menjijikan.

 

Leave a Reply

