KRIPIK PEDAS

Entah kapan aku mulai suka pedas, khususnya cemilan kripik pedas. Padahal dulu aku paling anti rasa pedas. Aku sensitif dengan rasa yang menggigit. Tapi Mama mengenalkan rasa pedas melalui masakan khas Minang yang beliau buat. Rendangnya, jangan ditanya. Super enak, super empuk.

Back to kripik pedas. Jaman kuliah seingatku, aku dan dua orang sahabat keranjingan kripik ini. Sekarang sudah terkenal gara-gara Mak Icih itu. Kami bertiga pernah trauma, karena kami sakit perut akibat terlalu asik mengahbiskan satu kantong plastik besar kripik pedas itu.

Sekarang, aku kapok juga makan makanan pedas jenis ini. Bikin panas dalam dan radang tenggorokan. Tapi aku tetap dipertemukan dengan orang-orang yang suka pedas. Suamiku orangnya. Jadi, tiada hari tanpa bikin sambel. Pengalaman terkini juga sangat berharga. Aku diberi kripik pedas, dan aku senang menerimanya. Ini mungkin buah dari kesungguhan sekaligus kelalaianku.

Kripik pedas ini mengandung cabe bubuk yang membuat batuk, hingga kita butuh minum segelas air dan menghela napas sejenak. Kemudian, kita tergoda lagi untuk menerima kripik pedas berikutnya yang lebih “nendang” rasanya. Anehnya aku akan bahkan harus terbiasa walau kadang saat kondisi sedang kurang fit, memakannya bisa berakibat radang tenggorokan. Aku akan teruskan mengonsumsi ini, karena ternyata terdapat vitamin C dan zat-zat yang mampu melancarkan peredaran darah, asal tidak berlebihan.

Terpikir dalam benakku, mungkin aku harus mewujudkan saran pamanku. Aku harus menjadi seorang pembuat kripik pedas. Ini akan menjadi pengalaman berharga, juga memerlukan proses yang tidak instan. I’ll keep learning, writing, reading, and compromising with something I believe.

Aku akan mudah menetukan pilihan, mau kripik pedas atau kritik pedas?
Bagiku keduanya sangat nikmat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s