Apakah hatimu seperti sebatang coklat?

Ada satu moment yang membuatku meleleh. Mendengar sebuah pernyataan cinta dari seseorang yang hingga  hari ini masih tetap mengatakan cinta dan rasa sayangnya padaku. Airmataku pun mudah meleleh ketika aku merasa takjub atau merasa terlalu bahagia. Bahkan ketika sedang tak ada yang menemaniku, tiba-tiba teringat sesuatu dan dada ini berdecit, ngilu, meleleh lagi.

Hati Mamaku mungkin sekarang seperti  sebatang coklat yang diberikan anakku. Manis, renyah jika sedang bergurau dan berkelakar, beku dan keras jika beliau larut dalam satu kesedihan, kadang tiba-tiba meleleh saat hatinya panas ataupun hangat. Begitu sensitif namun bongkahan kacang renyah di dalamnya tak kan pernah meleleh. Mamaku lebih suka coklat nougat dulu. Aku pikir itu gambaran sikapnya yang begitu lekat dengan semangat berbagi. Walau lengketnya caramel di gigi sedikit mengganggu, namun beliau tak pernah jera memakannya lagi.

Kini, Mama suka coklat apa saja, apalagi jika cucunya yang memberi. Inipun menggambarkan hati dan sikapnya pada hidup. Beliau sudah semakin menerima segala apa yang terjadi padanya, dan apapun keadaan anak-anaknya. Namun, kadang sifat kekanakan muncul. Ini sangat manusiawi, mengingat seseorang di usia senja mulai “kembali” ke “asal”.

Hatiku, hati Mama, akan selalu meleleh bersama-sama jika kondisi kami sedang ‘senada’ dan akan mengeras juga beku kala kami sedang tak ‘sejalan’. Tapi aku ingin tetap menikmati kerenyahan kacang dalam setiap batang coklat, bahkan ditambah sensasi rasa buah di sana. Mamaku sudah tak lagi bisa mengunyahnya.

Lelehan coklat dalam mulut akan senantisa sebagai perasaan halus nan lembut yang dimiliki setiap ibu di manapun.

Aku ingin hatiku tetap seperti sebatang coklat. Kenikmatannya membuatku kecanduan dan berulangkali memaknai lelehan itu sebagai satu perasaan cinta yang tak ingin ku hapus sepanjang hidupku.

Apakah hatimu seperti sebatang coklat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s