Lengkung cintaMu

Saya memerhatikan bentuk cinta itu terjadi karena dua garis lengkung yang menyatu. Ya, itu benar-benar saya pahami.

Setiap pasangan manusia akan memiliki rasa cinta jika keduanya membuat garis kasih sayang dan kepercayaan. Cinta dari Yang Maha Kuasa tentu saja tidak sesederhana itu, karena Dia Sang Maha Pengasih. Cinta pada umatNya di dunia sangatlah besar.

Saya sedang berusaha memahami salah satu bentuk cintaNya pada Mama. Mungkin Dia ingin Mama istirahat walau dalam sakit hingga membuat beliau lemah tak berdaya. Mungkin Dia ingin Mama menyebut namaNya lebih sering daripada sebelumnya. Mungkin Dia ingin agar saya lebih memerhatikan Mama karena selama ini terlalu sibuk dengan ‘dunia’ saya. Mungkin Dia ingin agar semua anak-anak Mama ‘berbicara’ satu sama lain hingga mampu mewarnai kembali makna warna persaudaraan sempat memudar. Mungkin Dia ingin saya lebih sabar daripada kemarin. Mungkin Dia ingin agar di rumah Mama, tak ada lagi emosi yang meledak-ledak.

Segala kemungkinan muncul dalam pikiran dan perasaan ini. Saya berterimakasih dengan mengucap syukur atas anugrah ‘memaknai’ setiap peristiwa walau diiringi derai airmata. Setiap tetes airmata memiliki arti tersendiri bagi mereka yang berpikir. Perih, sakit, dan tangis adalah pergantian dari tawa, sehat, dan senang. Mereka hadir bergantian seperti bumi yang ingin selalu berputar. TanganNya sangat terasa meraih jiwa dan raga saya melalui teman-teman, sahabat, dan sanak saudara.

Saya sempat memegang tangan hangatmu, Mama… diantara lengkung selang yang terpasang di tanganmu. Bisikku dalam hati, “Nikmati saja sakitmu, semoga menjadi kebaikan untukmu dan anak-anakmu.”

Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sebutlah namaNya dalam setiap rintihan sakitmu, Mama… walau dalam hati saja. Dia Maha Mendengar dan Maha Pengasih.

 

One thought on “Lengkung cintaMu

Leave a Reply

