Rumah Cokelat

  • Judul       : RUMAH COKELAT
  • Penulis    : Sitta Karina Rachmidiharja
  • Cetakan : I, tahun 2012
  • Penerbit  : Buah hati
  • Tebal       : 226 halaman
  • Harga      : Rp. 38.000,00

Novel bergenre momlit memang belum banyak saya temukan. Saat membaca buku ini, isinya benar-benar menginspirasi. Covernya cukup sederhana namun bermakna. Hal-hal yang dialami para ibu khususnya ibu bekerja di kota besar, hadir dengan lugas di alur cerita dalam buku ini. Tokoh-tokoh yang biasa kita temui dalam sebuah keluarga menjadi sebuah pemahaman akan makna peran suami, istri, dan nenek (ibu mertua, juga sahabat yang memberi warna lain dalam kehidupan tokoh utama dalam cerita ini.

Keseluruhan cerita dalam novel ini adalah tentang sebuah keluarga metropolitan. Antara impian, ambisi, peran setiap anggota keluarga menjadi racikan yang baik untuk disimak. Hannah, ibu dari Raszya (2 tahun), seorang pribadi yang ambisius dan sangat menyukai hobinya melukis. Wigra, suami Hannah, seorang family man, selalu hangat pada istri dan anaknya dalam kondisi apapun. Eyang Yanni, nenek Raszya, memanjakan cucunya hingga terjadi perdebatan di hari-hari Hannah saat dia di rumah. Upik, pengasuh Raszya, menjadi seorang malaikat bagi Raszya. Dia sangat dekat dengan Raszya dibandingkan dengan Hannah. Hal ini membuat konflik batin di dalam diri Hannah hingga membuatnya berinstropeksi diri.

Potret seorang pengasuh di sebuah keluarga berada adalah sebuah pembelajaran bagi setiap keluarga. Pembaca akan mendapatkan banyak hal dari keluarga Hannah dan Wigra. Salah satunya yaitu bahwa tujuan sebuah keluarga bukan hanya sejahtera secara materi, namun kasih sayang dan keintiman antara satu anggota dengan anggota keluarga lain menjadi hal penting untuk dipahami.

Novel ini layak untuk dibaca bagi mereka yang berusia matang dan telah berkeluarga. Genre momlit menjadi bacaan yang patut dipilih, khususnya bagi perempuan agar pemahaman tentang dunia perempuan semakin dalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s