“La Taias For Akhwat – Muslimat, Tersenyumlah!”

  • La taias For Akhwat-CoverJudul                     : “La Taias for Akhwat – Muslimat, Tersenyumlah!”
  • Penulis                  : Honey Miftahuljannah
  • Penerbit                : Penerbit Kalil (Imprint PT. Gramedia Pustaka Utama), Jakarta
  • Cetakan                : I, Jakarta 2012
  • Tebal                    : 192 halaman
  • Harga  Normal : Rp. 45.000,00
  • Harga  On Line : Rp. 40.500,00

Buku bergenre Non Fiksi ini adalah kumpulan kisah penguat hati dengan cover bernuansa merah muda, putih, dan motif  bunga-bunga. Buku ini bisa menjadi pilihan bacaan yang menawan bagi perempuan (akhwat). Ini adalah salah satu dari seri La Taias (Jangan Putus Asa). Kisah-kisah tentang perjalanan hidup yang seru, konyol, juga cinta yang menyentuh dalam buku ini terbagi dalam enam bab, yaitu ‘Ya, kamu spesial!’, ‘Ketika Aku Berjilbab, ‘Sampaikanlah Walaupun Satu Ayat’, ‘Cinta, Bertasbihlah!’, ‘Girls, Please Don’t Cry’, ‘The Inspiring Women’.Para pembaca bisa mulai membaca dari bab mana saja. Di setiap kisahnya, penulis mengutip beberapa kata mutiara, pesan bermakna, hadits, penggalan kisah Rasulullah S.A.W. beserta sahabatnya, dan ayat Alqur’an.

Salah satu kisah yang cukup menarik ada di Bab 2 “Ketika Aku Berjilbab” adalah Balada Si Jilbab Gaul. Pengalaman seseorang dalam kisah ini memberikan gambaran tentang makna jilbab masa kini. Banyak kita temui para akhwat berjilbab, namun terkesan masih mengundang perbuatan tak terpuji kaum Adam. Seorang akhwat berjilbab dengan pakaian yang biasa saja namun sesuai tuntunan agama, sementara akhwat lain lebih terlihat up-to-date dengan jilbabnya. Realita mode dan fashion jilbab di dalam masyarakat sekarang ini menjadi sebuah sorotan sekaligus renungan jika dikaitkan dengan kisah ini. Cukup banyak akhwat yang mengikuti tren hijab yang memikat sehingga mereka tampil lebih stylish, namun kurang sesuai syar’i. Kisah ini memberi pencerahan bahwa pakaian dan jilbab gaul ternyata tak menjamin keselamatan diri akhwat, dan hal tersebut merupakan salah satu ujian dalam proses berjilbab.

Hal ini membuat pembaca memahami kembali makna pemakaian jilbab yang jelas tercantum dalam QS. An-Nur (24): 31. Ayat ini dikutip oleh penulis di halaman kisah ini. Akhwat akan merasa nyaman dengan pakaian tertutup dan jilbabnya jika sesuai syar’i. Bab tentang jilbab ini juga menghadirkan beberapa kisah lain tentang perjuangan akhwat memakai jilbab, kerikil yang mereka temui dalam perjalanan spiritualnya, juga hidayah dan hikmah yang mereka peroleh. Semuanya tersaji dengan bahasa yang ringan, tidak membosankan, dan pembaca akan terinspirasi dari kisah-kisah tersebut.

Bab 5 “Girls, Please Don’t Cry” menjadi kisah yang juga menarik bagi saya pribadi. Bab ini menyajikan kisah-kisah duka atas cobaan yang dialami akhwat. Salah satu kisahnya berjudul Pelangiku Masihkah Tujuh Warna? Tentang seorang akhwat yang telah hamil sebelum menikah. Dia merasa sangat berdosa dan segera mengadu pada-Nya, lalu memohon ampun pada kedua orangtuanya. Kasih sayang Allah S.W.T. senantiasa menaunginya. Sang Papa memaafkannya dan berkata bahwa beliau beserta Mama akan selalu ada di sampingnya. Ayah dari bayi yang dikandungnya hadir setelah berbulan-bulan tak memberi kabar. Dia kembali untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sang akhwat hanya mampu bertasbih pada-Nya atas kesadaran Ayah bayinya. Kutipan QS. Ar-Rahman (55): 13 menjadi bagian yang paling bermakna dari kisah ini.

Bagian akhir buku ini tertulis Duhai Muslimat. Karena kita indah, karena kita istimewa, karena kita terhormat, sehingga Allah memilih kita untuk berada di sini. Jadi tersenyumlah. Dan sambut hari indah dalam belaian cinta-Nya. Ukhti, La Taias, janganlah kamu berputus asa. Karena muslimat adalah makhluk paling indah dan bahagia di seluruh dunia.

Buku ini akan menjadi penguat hati akhwat dalam perjalanan hidup. Selamat membaca, Ukhti!

*Buku ini segera hadir di toko buku Gramedia dan dapat dibeli secara On Line di www.gramedia.com

One thought on ““La Taias For Akhwat – Muslimat, Tersenyumlah!”

  1. Pingback: Resensi La Taias for Akhwat – Muslimat Tersenyumlah! | Ibu-ibu Doyan Nulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s