“Jemuran yang terlupakan”

"jemuran" captured by Fujifilm RED Finepix

“jemuran” captured by Fujifilm RED Finepix

Pernahkah terpikir bahwa jemuran adalah bagian dari sebuah pengabdian dan ketulusan? Membiarkan jemuran saat hujan tiba-tiba datang, bukan masalah jika tempat jemuran dilengkapi atap pelindung, dan baju-baju itu sudah direndam dengan pelembut pewangi. Namun, akan menjadi bencana kecil jika tak memedulikan jemuran itu sama sekali. Membiarkannya berhari-hari di luar, tanpa menyetrika atau sekedar melipatnya rapi.

Terkadang orang-orang terdekat tak memedulikan bagaimana kita begitu memerhatikan jemuran setiap kali saat jadwal mencuci tiba. Kalimat yang keluar dari mulut mereka mungkin hanya gerutu.

“Mana baju garis-garis saya? Belum kering ya?”

“Celana yang hitam mana?”

“Baju kaus saya mana?”

Mudah saja orang-orang terdekat menanyakan baju-baju jemuran tanpa merasakan bagaimana lelah dan telatennya kita mengurusnya.

Mirip dengan sebuah pengabdian cinta. Kita akan tulus melakukan semuanya karena kita mencintai dan menyayanginya.

Bagaimana cinta terhadap jemuran?

Ya, beberapa baju yang kita jemur adalah milik orang yang kita sayangi dan cintai. Namun terkadang rasa cinta bisa menjadi kering dalam dua, tiga hari atau masih basah seperti jemuran di musim penghujan hingga tetesan air cuciannya masih nampak. Mirip tetesan ketulusan yang mungkin saja semakin hari semakin berkurang.

Jemuran dan ketulusan adalah hal-hal yang terkadang terlupakan dan disiakan. Tanpa mengesampingkan kewajiban, saat kita menjemur baju-baju itu, setidaknya ada satu kesadaran. Kita masih mencintai seseorang dan memelihara kebersihan dan keharumannya di hari-hari kita. Tanpa pamrih, dengan kasih.Image

4 thoughts on ““Jemuran yang terlupakan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s