“Lucas & Fatima”

Image

a photo captured by Vivera Siregar

Kedua nama ini sangat memberi makna dalam bagi saya. Mungkin bisa diartikan sebagai nama sepasang kekasih. Mereka saling memberi arti dan makna cinta yang abstrak.

Lucas, sebuah nama di mana saya berusaha mengerti makna sebuah pengabdian kepada orang yang ditakdirkan untuk seumur hidup bersama, walau saya baru mengenalnya dalam waktu singkat. Entah dari mana datangnya ketulusan itu, hari itu tak akan pernah saya lupakan.

Hari di mana tatapan matanya menyiratkan sedikit kekhawatiran bahwa saya akan meninggalkannya. Hari di mana ucapannya begitu menyejukkan saya, walau dirinya tengah merasakan sakit yang luar biasa. Hari di mana dia ingin saya menemaninya selama saya mampu.

Ya, Lucas, sebuah ruang tempat saya merenungi arti kesetiaan, kepedihan, dan kebahagiaan dalam satu waktu.

Fatima, nama di mana saya berusaha mengerti penyebab sakit dan igauan seseorang yang menjadi bagian paling penting di awal hidup hingga akhir hidup saya. Entah dari mana hadirnya pengertian itu dan kesedihan yang begitu mendera saya. Mungkin saat saya berada di tempat itu adalah takdir yang tak mampu saya ubah. Saya hanya bisa merasakan bahwa saya “pernah” berada di sana sebelumnya, namun entah kapankah itu. Lalu semuanya terjadi di sana, dan saya menyadari, mungkin ini saat baginya untuk “beristirahat”.

Ya, Fatima, sebuah ruang tempat saya memahami, melihat, mendengar, dan berdoa di sampingnya. Saya tak akan pernah melupakan kalimat-kalimat yang saya dengar, dan tatapan mata kosong itu. Saya hanya mampu mengucap kalimat-Nya agar perih itu perlahan mereda walau ada penggalan jeda, lalu perih itu berulang hingga akhirnya akan hilang.

Lucas dan Fatima memberikan ruang makna hidup dan mati. Keduanya akan ditakdirkan bertemu kembali di alam yang berbeda. Begitu pun dengan hidup dan mati, keduanya telah menjadi pasangan sejati di setiap perjalanan manusia di dunia.

Saya pernah mengenal Lucas dan Fatima, mungkin akan mengenal nama-nama lain yang akan memperkaya jiwa saya selama hidup.

Leave a Reply

