Antara Investasi dan Menabung

Sebagai seorang ibu yang masih belajar mengatur keuangan keluarga, saya sempat berjuta kali mempertimbangkan apakah saya harus menabung sejumlah uang rutin dengan nilai tetap untuk anak saya atau saya harus berani berinvestasi dengan keuntungan yang lumayan?

Sebenarnya saya tak terlalu paham dengan soal ekonomi dan keuangan, namun di masa kini atau nanti, uang adalah satu hal yang tak pernah lepas dari kehidupan manusia di bumi. Masalah ini begitu nyata dan saya menjadi pelakunya.

Saya bersyukur diberi berbagai kemudahan mendapatkan informasi tentang ini. Cara menabung konvensional dengan tujuan untuk dana pendidikan dalam jangka waktu tertentu, ternyata tidak begitu efektif. Pada prakteknya, saat tabungan bisa dicairkan, alokasinya melenceng ke hal-hal lain yang lebih bersifat  darurat.

Sampai pada suatu hari, tanpa pikir panjang, saya memutuskan dan memaksa diri untuk lebih disiplin menyisihkan uang secara bertahap untuk tabungan investasi pribadi. Tujuan dana ini adalah untuk keperluan pendidikan anak saya 10 tahun mendatang. Namun di tahun ke-5, saya diinformasikan oleh pihak bank bahwa tabungan bisa dicairkan jika saya memerlukannya karena keuntungan investasi sudah terlihat.

Saya pikir tak masalah, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian karena yang saya lakukan untuk masa depan anak. Terlebih lagi, produk tabungan investasi ini memberi nilai plus asuransi kesehatan. Benefit ini membuat saya berpikir bahwa diri ini dan anak pun adalah bentuk lain dari investasi. Semua hal adalah investasi jika kita berpikir ke depan menuju jangka panjang, menuju hari tua. Tentu saja dengan harapan bahwa berusaha dengan maksimal serta tetap sehat.

Terlepas dari semua iklan-iklan asuransi yang banyak terdengar, tabungan investasi plus asuransi merupakan sarana paling tepat untuk saya dalam mempersiapkan masa depan anak. Kekayaan bukan segalanya, tetapi kebiasaan berdisiplin dengan uang adalah investasi terbaik untuk masa depan yang lebih baik.Image

One thought on “Antara Investasi dan Menabung

Leave a Reply

