“Titisan Musician”

the young mommy

the young mommy

Mom, I think can’t stop remembering you…
This note is about you (again)

Ma, ingat nggak, Shane, salah satu personil boyband WestLife yang Mama suka? Malam ini aku mendengar suaranya di radio, lalu aku ingat Mama.

Tadi pagi, aku bertemu nenek dan ngobrol tentang foto-foto hitam putih Mama waktu muda. Hei, Mom, that’s cool! When you’re wearing that dress, your hand holded the microphone, your feet wore high heels, and you’re singing with the band.

Di ruang siaran radio ABA di Tanjung Enim, bersama piringan hitam Elvis Presley, cuap-cuap di depan mic. Aku selalu ingin sepertimu, berada di ruang siaran radio.

Musik adalah bagian dari cerita hidupmu, Ma. Aku juga. Sepertinya aku nggak bisa hidup tanpa musik, apalagi saat menulis, harus selalu ditemani musik.

Ma, tahukah bahwa musik tercipta agar manusia mengerti keindahan alunan nada hati, dan syair lagu yang dilantunkan akan mengalir ke dalam darah hingga berada di dalam siklus alirannya setiap kali bergema memenuhi ruangan, menguasai jiwa dan raga?

Aku bukan penyanyi band sepertimu dulu, aku bukan penyiar radio yang keren sepertimu, tapi menulis itu titisan darimu. Mama pintar ‘kan membuat puisi?

Aku bangga menjadi darah dagingmu yang berlumuran rasa cinta pada seni. Aku menularkannya pada cucumu, dan dia perlahan menjadi sepertimu. Dia mulai menyukai musik angklung, menari, dan menggambar.

Aku dan cucumu adalah titisan makhluk Tuhan pecinta seni. Aku bersyukur karenanya karena tanpa rasa cinta pada seni, hidup akan kering. Sekering saat iman meluruh dan memudar. Aku tetap memertahankan rasa cinta ini hingga usia senja.

Leave a Reply

