“My 90s Playlist”

picture from www.last.fm

picture from www.last.fm

Aku sedang sering mendengarkan lagu-lagu tahun 90-an, yang pada masanya masih dalam bentuk kaset dan VCD. Entahlah, aku selalu terpengaruh suasana. Saat menulis kisah dengan setting tahun 90-an, playlist-ku akan senada dengan imajinasiku atau malah mungkin sebaliknya. Lagu-lagu itu yang membawaku ke sana. Menembus lorong waktu dengan segenap bingkai-bingkai kenangan yang memiliki lebih dari sejuta kesan.

Aku memaknai setiap lagu yang kudengar sebagai bagian-bagian dari cerita hidup yang tak akan lekang oleh waktu. Musik itu terlalu indah untuk dilupakan meskipun terselip lagu-lagu patah hati dan kesedihan yang membahana di dalam dada. Musik yang mengalun seakan membuat hidupku lebih muda satu generasi dari pada usiaku. Almarhum Mama bilang, orang yang menyukai musik itu awet muda. Semoga benar adanya. Namun bisa saja menjadi lupa usia karena terlalu asyik dengannya.

Bagaimanapun, musik dan lagu-lagu di playlist-ku telah membuatku berubah pandangan terhadap hidup. Kaku dan serius menjadi lunak dan santai. Dia mampu menenangkan dan mengharukan jiwa. Playlist 90s membuatku terbang ke masa itu, dan mengenang penggalan-penggalan kisah remaja penuh hura-hura serta tragis dalam masa yang sama.

Playlist 90s-ku menemaniku menghadapi makna cinta sederhana nan menggelikan. Mereka juga membuatku mampu menuliskan ke dalam bentuk cerita panjang yang entah akan selesai atau tidak. Aku akan menambahkan beberapa playlist di masa itu ke dalam daftar lagu-lagu di laptop-ku. Ceritaku hidup karena lagu-lagu. Tokoh yang kuciptakan berbicara melalui syair lagu, dan hatiku bernyanyi melalui nada-nada lagu.

Please, stay with me playlist 90s… untill I couldn’t hear you again.

“2 become 1” by Spice Girls mengalun di telingaku…

2 thoughts on ““My 90s Playlist”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s