“Peribahasa Mama”

notes unyu 2Ini tentang buku kecil berwarna pink bergambar emoticon lucu milikku. Aku membelinya untuk coretan outline konsep tulisan. Eh, si kecil cantikku malah pengen buku ini. Padahal dia sudah punya, sama persis dengan milikku. Ukurannya saja yang beda.

Aku teringat apa kata almarhum Mama, bahwa apa yang dimiliki orang tua itu sudah pasti menjadi milik anak, tetapi benda milik anak belum tentu menjadi milik kita. Aku bertanya pada putriku, “Kaka, mau yang ini? Tukeran aja ya? Yang itu buat Mama.” Dia mengangguk dengan senyumnya yang lucu. Itu tawaranku yang kedua kalinya, dan dia baru mengakui bahwa dia menginginkannya.

Akupun pernah seperti itu pada almarhum Mama. Aku meminta benda-benda yang aku anggap menarik dan Mama memberikannya begitu saja dengan tulus. Aku merasakan hal yang sama, kini terhadap putriku. Aku belajar menurunkan ego dan melepaskan sesuatu yang aku miliki untuknya.

Mungkin suatu hari nanti, aku akan merasakan bagaimana melepaskan dirinya bersama seseorang, tanpa ragu. Apapun yang dia inginkan akan kuberi tanpa pamrih. Seluruh jiwaku miliknya, separuh jiwanya milikku. Semoga buku note kecil pink itu membuatmu ceria dengan coretan tokoh-tokoh komikmu, dan benda-benda lain yang akan kuberi padamu juga mampu membuat hatimu berjelaga dengan cinta.

Leave a Reply

