“Peniru Ulung”

'Ma, jangan ribut, kaka lagi siaran.'

‘Ma, jangan ribut, kaka lagi siaran.’

Hei, si cerewetku pake headset!
Ini pemandangan lucu menurutku, karena she looks just like me. Ya, anak memang peniru ibunya. Apapun yang ibunya lakukan dan katakan, dia pasti menirunya. Bahkan terkadang menjadi pengkritik paling jujur bagi ibunya. Aku merasa dia adalah cermin untukku. Entahlah, dia becermin padaku atau sebaliknya.

Aku harus berhati-hati dalam berkata karena jika lidah ini terpeleset sedikit saja, lalu ditirunya, itu bahaya! Semoga itu nggak terjadi. Untungnya yang telah terjadi adalah kebiasaan memegang dan membaca buku, dia pun melakukan hal yang sama. Komik pilihannya atau buku dongeng, aku novel. Aku menulis, mengetik di laptop, lalu dia mengambil alat-alat gambarnya. Menggambar komik proyek liburannya, aku menulis naskah novel. It’s fun!

Nggak hanya itu. Aktivitas di dapur, sekarang dia mulai nimbrung. Aku nggak melarangnya karena anak perempuan harus tahu apa yang dilakukan di dapur. Aku mengarahkannya sesuai dengan hal yang dia mampu kerjakan. Lagi-lagi menyenangkan. Tapi giliran dia ngambek dan manyun, hmm… mirip siapa ya? Wah, ini mirip aku. Terkadang ada saat-saat aku diam dan ingin sendiri. Dia melakukannya persis sepertiku. Well, like mother, like daughter. Itu nggak bisa dipungkiri.

Ya, Moms, pintar-pintar kita ya, supaya anak meniru beberapa hal baik dari kita. Walaupun sisi manusia memang tak semua baik, minimal ditiru anak sendiri adalah salah satu hal yang paling berharga semasa hidup.
Aku akan selalu tanamkan kebiasaan baik agar dia meniru. Terutama shalat lima waktu sebagai sebuah keharusan, hingga saat si cerewetku malas, dia akan merasa sedikit malu, lalu meniru apa yang aku lakukan. Ramadan akan menjadi momen yang pas mengajaknya secara halus untuk shalat. Dia rajin mengaji Alquran, aku malu, dan terpacu melakukannya. Dia peniru ulung, aku pemicunya.

For my little angel, Puga, semoga bulan Ramadan mulai rajin lagi ya…shalatnya.

5 thoughts on ““Peniru Ulung”

Leave a Reply

