“Adik Kecil”

adik kecil

Dik, selamat ulang tahun ke-20. Kamu sudah dewasa sekarang. Aku masih ingat saat mengasuhmu dulu. Kamu adik paling lincah dan pipi tembemmu membuat semua orang yang bertemu denganmu, pasti menjadi sasaran cubitan. Kamu begitu gemas dengan kucing, kamu mengejarnya hingga ke ujung jalan.

Baju yang paling lucu yang pernah kamu pakai, aku yang memilih saat Mama membelinya, adalah setelan baju celana pink bergambar tawon. Kamu juga penyuka boneka walau kamu laki-laki. Mungkin aku yang membuat kamu begitu, karena setiap kali melihat boneka di toko, yang terpikir adalah membelikannya untukmu.

Dik, masih ingat kamu mengompol di sekolah TK tapi kamu nggak berani bilang? Kamu juga gak mau lagi diantar ke sekolah karena sudah merasa berani. Semua hal manis pernah hadir dalam benak kita terutama masa kecil. Waktu berlalu, dan kamu sudah bisa melagukan lirik lagu Peterpan (NOAH) kesukaanmu. Aku terharu ketika kamu selalu ingat membawakan sebungkus kacang untuk Mama saat kamu jajan. Kamu yang sepertinya pendiam, namun perhatian.

Selamat mengulang tahun, Dik. Semoga perjalanan di usia ini membuatmu lebih dewasa dalam menentukan langkah. Keadaan telah berbeda sekarang, kamu harus kuat. Aku gak mampu berkata-kata nasihat segudang di hari-harimu, yang kubisa hanya mengirim makanan ala kadarnya jika kamu mau, dan tentu saja doa untukmu selalu.

Jadilah pemimpin yang baik untuk istrimu nanti. Jangan jadikan masa lalu sebagai rasa sakit yang berlebihan, jadikan ia pelajaran yang mampu menguatkan hatimu. Jangan bunuh mimpi-mimpimu karena keterbatasan karena tidak ada yang tidak mungkin terwujud di dunia ini jika kita berusaha keras. Jujurlah pada dirimu sendiri, dan wujudkan cita-citamu. Doakan Mama dan Ayahmu, agar menjadi amal baikmu selama hidup. Ingatlah selalu asma Allah yang selalu memberimu petunjuk langkah hidupmu.

Untuk Theo Widias, 18 Oktober 1993
Peluk dan doaku selalu.

2 thoughts on ““Adik Kecil”

  1. selamat ulang tahun ya mba buat adiknya..🙂
    semoga segala yang baik-baik sampai juga ke dia🙂
    salam kenal dari lapak sebelah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s