“Kedewasaan”

Apakah kita sudah dewasa? Mungkin secara kisaran usia, iya.
Kapan kita disebut dewasa? Mungkin saat usia sudah kepala dua atau mungkin saat usia belasan bisa saja menjadi dewasa secara mendadak karena keadaan yang memaksanya. Banyak orang menjadi dewasa karena masalah dan keadaan yang membuat dirinya lebih bisa menghadapi dan menjalani semuanya. Tak sedikit juga orang yang dihadapkan pada masalah namun tetap tak membuatnya dewasa.

So, dewasa itu menurut kamu tuh apa? Cara berpikir, sikap, perkataan, atau hanya angka di usia kita. Berapapun usia kita, jika kita telah mampu memilah mana yang menjadi tanggung jawab kita dan mana yang bukan, saya pikir itulah sebuah bentuk pendewasaan diri.

Saya pun mengalami bagaimana sulitnya menjadi dewasa. Kesulitan yang dihadapi adalah risiko yang saya ambil jika saya melakukan satu langkah karena menjadi seseorang yang dewasa dalam berpikir, bersikap, berujar, memerlukan keberanian dan kesabaran. Semakin kita ditempa dengan masalah rumit, semakin pula diri kita dituntut untuk menyelesaikannya dengan sepenuh hati.

Lingkungan yang kondusif mampu membuat seseorang yang tadinya selalu bergantung pada orang lain, kemudian mampu menjadi dewasa dalam bersikap dan berpikir. Pola pikir kita mengalami metamorfosis seperti halnya tubuh dan wajah kita. Perubahan itu akan berangsur dari dewasa ke tahap bijaksana. Ini sangat membutuhkan kelapangan hati dalam menjalaninya.

Saya mungkin belum bisa seratus persen bijaksana dalam menghadapi perjalanan hidup, tetapi minimal selalu ada saat untuk kita merenung dan menjadikan masalah yang menimpa kita sebagai ‘pengasah diri’ agar menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Hanya orang lain atau orang terdekat kita yang bisa menilai apakah kita dewasa atau tidak. Kini saya sedang mencoba untuk tidak menyalahkan orang lain jika saya melihat pribadi yang belum juga dewasa. Saya mencoba berpikir lagi, mungkin penyebabnya adalah pola asuh orangtua dan kebiasaan.

One thought on ““Kedewasaan”

  1. dewasa menurut saya tidak tergantung pada usia dan umur yg tua, tp dewasa adalah ketika kita melakukan hal yang baik dan benar sesuai kata hati kita bukan orang lain, itu berarti kita sudah dewasa, sederhana’a begitu🙂

Leave a Reply

