Review novel “Marginalia-Catatan Cinta di Pinggir Hati”

Cover Novel "Marginalia" karya Dyah Rini

Cover Novel “Marginalia” karya Dyah Rini

  • Judul            : Marginalia-Catatan Cinta di Pinggir Hati
  • Penulis         : Dyah Rini
  • Penerbit        : Qanita/ PT.Mizan Pustaka, Bandung.
  • Cetakan        : I, Februari 2013.
  • Tebal            : 302 Halaman
  • Harga           : Rp49,000

Kata “Marginalia” dengan emboss berwarna pink metalic membuat saya penasaran. Apakah ini tentang bait-bait kenangan atau filosofi kehidupan perempuan? Desain sampul novel pemenang kedua lomba penulisan romance Qanita ini berwarna dasar krem dengan ilustrasi bentuk bangunan mirip rumah, awan-awan berwarna pink.

Penulis menyuguhkan kata pembuka yang catchy di bab pertama, dengan nama ‘Aruna’ berwarna pink di sisi margin kiri. Tulisan kata ‘Drupadi’ dengan warna yang sama juga saya temui di paragraf halaman lainnya. Ini memudahkan pembaca untuk mengetahui siapa yang sedang ‘berbicara’ di paragraf itu. Penggunaan dua sudut pandang cerita (sisi Aruna dan sisi Drupadi) menjadi hal yang menarik dari novel ini.

Konflik dan dialog yang atraktif juga menjadi hal yang membuat penasaran dan gemas untuk meneruskan membacanya halaman demi halaman. Masalah-masalah yang dihadirkan di setiap tokoh terasa nyata dan para tokoh pun benar-benar bernyawa serta berkarakter kuat.

Tokoh Inez dalam cerita di novel ini pun sukses membuat saya sebagai pembaca sebal. Inez adalah awal konflik yang dihadirkan di cerita novel ini. Tokoh laki-laki, Aruna, yang seorang rocker di grup band Lescar, dan Adnan, kekasih Drupadi, menggambarkan dua yang sangat berlawanan sifat dan karakter. Secara pribadi, saya naksir Adnan. Namun, Drupadi dihadapkan pada pilihan yang sulit dalam memilih pasangan hidupnya. Inez selalu menjadi akar dari kebingungan dan kemarahan Drupadi.

Nama Drupadi sepintas terdengar seperti nama-nama di dalam cerita sejarah. Penokohan juga sangat kekinian karena Drupadi diceritakan sebagai seorang wedding organizer di Luna Nueva. Penggambaran aktivitasnya sebagai wedding organizer sangat jelas dan nyata.

Setelah memahami kata “Marginalia” dari halaman satu ke halaman lainnya, ternyata ada dua makna. Marginalia sebagai nama sebuah kafe, dan marginalia sebagai penggalan tulisan yang ditorehkan Drupadi di lembaran puisi Rumi milik Padma, kekasih Aruna. Hal yang menarik juga hadir di halaman 64 di novel ini karena penggalan tulisan Drupadi dan Aruna ditampilkan dengan lay-out-nya yang berbeda. Konflik menegangkan dan hal-hal lucu terjadi antara Aruna dan Drupadi.

Secara keseluruhan, ide dan tema cerita menarik dan sangat dekat dengan dunia perempuan dewasa. Perjodohan, persahabatan, kebencian, percintaan dan perasaan yang rumit dikemas menarik dari awal cerita hingga bab terakhir.

Beberapa quote yang saya suka dari novel ini antara lain :

“Tidak ada yang romantis maupun ajaib tentang kehidupan” [Drupadi]

“Saat kita mencintai seseorang, kita tidak perlu mencintainya 100%. Cintailah dia 70% dan bangun sisanya setelah menikah.” [Ibu Drupadi]

“Kebencian membuatmu buta. Kebencian membuatmu melakukan hal yang tidak terbayangkan, memakanmu dari dalam tubuh, mengubah jiwamu menjadi monster.” [Drupadi]

“Cinta adalah permainan bagi pecundang. Cinta adalah untuk mereka yang terlalu takut menghadapi kejamnya dunia, kerasnya persaingan hingga mereka memutuskan untuk sembunyi saja dalam kepompong cinta dan menikmati dunia kecilnya.” [Drupadi]

Adegan yang paling saya sukai adalah saat Drupadi meninju wajah Aruna. Tebak, apa yang terjadi pada Drupadi dan Aruna?

Happy reading, friends!

2 thoughts on “Review novel “Marginalia-Catatan Cinta di Pinggir Hati”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s