“Kisah Skotel Makaroni Keju”

foto from : kitchendeasobou.blogspot.com

foto from : kitchendeasobou.blogspot.com

 

Aku masih ingat jelas bagaimana almarhum Mama dulu meracik bahan-bahan untuk membuat skotel makaroni keju. Melihat caranya membuat camilan ini sepertinya mudah. Namun, saat aku mencoba mempraktekkan sendiri, dua kali gagal. Aku sempat menyerah dan meminta Mama yang membuatkannya untukku.

Kini, aku membuatnya untuk putriku sebagai camilan berbuka puasa. Ia menikmati skotel itu dengan raut bahagia dan bilang, “Mama, ini enak banget! Nanti bikin lagi ya, Ma?” Seketika aku mengingat wajah Mama dan ingin rasanya aku berteriak, “Ma, aku berhasil membuat skotel makaroni keju!”

Kedua kelopak mataku sempat disinggahi genangan kecil dan aku tersenyum senang karena apa yang pernah Mamaku berikan ternyata bisa dinikmati oleh putriku. Hal-hal lain pun berlaku sama seperti memilih baju, menyukai seni, membuat kerajinan kreatif, mencoba berekperimen dengan hal baru. Semua aku tularkan pada putriku disengaja atau tidak.

Ya, pelajaran yang pernah diberikan Mama senikmat skotel makaroni keju buatannya. Walau beberapa kali mencoba membuatnya dan sempat menyerah, namun hingga waktunya tiba, ia menjelma menjadi sesuatu yang layak disebut enak. Seperti hidup yang aku jalani. Tentu akan berakhir dengan kenikmatan jika setiap tahapannya dengan berani kita lakukan.

Kisah skotel makaroni keju hanya sebentuk kasih sayang yang tak  terlupakan. Ada banyak kisah dari Mama yang tak terkatakan. Mungkin suatu hari akan tertoreh di dalam sebentuk lembaran kenangan-kenangan yang mengesankan dan bukan sekadar pajangan.

Leave a Reply

