“Suatu Hari Bersama Paman” (Part 2)

picture taken from : printablecolouringpages.co.uk

picture taken from : printablecolouringpages.co.uk

Aku lupa kapan terakhir mendengar suara Paman di telepon. Ya, cuma Paman yang rajin menanyakan kabarku. Seharusnya aku yang sering menelepon, Paman. Beliau aku panggil Om, adik dari Mamaku.

Ada satu kesempatan yang tak bisa kulupakan. Waktu itu, di meja makan, usai makan malam. Kalimat yang Om katakan sangat menikam hatiku hingga bekas tikaman itu bukan menjadi luka tetapi menjadi sebongkah semangat hidup yang harus aku bakar. Bara itu hingga kini masih menyala dengan bahan bakar doa dan harapan.

Om, mungkin aku tidak mampu membalas segala kebaikan yang Om pernah berikan. Namun sepertinya Allah telah memberikan segala kebaikan hidup padamu. Aku sangat senang ketika mendengar Om dan Tante pergi ke tanah suci. Semoga Allah selalu memberikan karunia-Nya padamu. Beberapa kali aku bermimpi berkunjung ke rumah Om dan rasanya seperti nyata. Mungkin rasa kangen yang terpendam menjelma menjadi mimpi indah. Selain kangen menaiki kereta api, aku juga kangen dengan suasana keluarga yang harmonis dan tentu saja masakan Tante yang enak.

Aku tidak mampu membayangkan bagaimana jika hari itu Om tidak mengajakku tinggal bersama di rumah dan melanjutkan sekolahku. Allah mengulurkan pertolongan padaku melalui tanganmu, Om. Semakin hari, aku semakin mengagumi sosokmu yang penuh canda, cerdas, pekerja keras, dan family man. Beberapa penggalan cerita masa kecilmu pernah kudengar dari almarhumah Mama.

Bagaimanapun dirimu, aku akan tetap menganggapmu sebagai Ayahku. Sebenarnya, aku ingin berlama-lama bertukar cerita denganmu, tapi langkah perjalanan hidupku harus terus berganti agar aku mandiri. Mungkin suatu hari aku akan memerlukan bantuanmu saat aku butuh. Doaku untukmu dan keluarga akan selalu kuucapkan agar kasih sayang selalu bertaut di celah-celah langit yang terkadang kelabu.

*untuk Om Lily Syahrial Arifien dan keluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s